31 Juli 2007

Mendatangi mas bajaj di Mayestik.
Gue : Ke Dharmawangsa Square
Mas : Yuk (
membukakan pintu)
G : Berapa?
M : Biasa. Sepuluh aja. (
refer to sepuluh ribu)
G : Enggak ah. Biasanya enam kok.
M : Jangan dong. Delapan deh.
G : Ah tiap hari kok bang.
M : Seribu lagi deh.
G : Gak ah (
celingak celinguk liat ada 614 apa enggak)
M : Ayuk deh.

Lokasi sama. Hari yang lain. Dengan bajaj yang lain.
G : Ke darmawangsa square berapa bang?
M : Biasa. Delapan aja.
G : Ah biasanya enam kok.
M : Seribu lagi deh neng.
G : Gak mau. Tiap hari kok.
M : Ayo deh.

Di depan dharmawangsa square, menyetop bajaj yang lewat.
G : Ke PIM mas
M : Ayuk.
G : Berapa?
M : Sepuluh deh.
G : Ah kemaren delapan kok (s
ungguh...beberapa hari yang lalu memang gue bayar 8ribu ke PIM)
M : Macet neng. Seribu lagi deh.
G : Enggak mau. Ngerusak pasaran. Ntar saya ga dapet lagi deh delapan ribu.
M : Ah si neng bisa aja. Ayok deh.

Di blok M, dengan tukang jual jilbab.
G : Ini berapa mas? (
memegang satu bergo)
M : Dua lima
G : Boleh kurang kan? (
trik lama, basa basi busuk )
M : Boleh dong.
G : Lima belas ya.
M : Wah jangan dong. Dua puluh deh. Ini yang bagus loh. Kalo ini (
menunjuk ke bergo model lain) mah boleh deh lima belas.
G : Engga mau yang itu. Saya mau yang ini. Lima belas. Bole ya? (
menunjuk bergo pilihan)
M :Wah yang itu mah belon dapet.
G : Ya udah deh (
bersiap melangkah pergi)
M : Lebih nya aja deh berapa? (
perhatian!!! ini adalah kata kunci yang menandakan dia sebenarnya sudah bersedia dengan harga yang anda sebut. Ga usa repot-repot untuk nambahin, meski cuma seribu perak)
G : Enggak. Lima belas. Boleh ga? (
melangkah menjauh tanpa menengok kebelakang)
M : Neng...neng...sini (
15 ribu berpindah ke tangannya, bergo pilihan pindah ke tanganku)
Setelah dapat satu bergo dengan harga 15, kepedean gue akan meningkat sangat drastis untuk melangkah ke tukang di sebelahnya dan memilih bergo warna lainnya. Harga? Ya lima belas ribu doooong. Pakai kalimat sakti, "saya barusan dapet 15kok, cuma beda warna aja ama ini"


Dan yang ini, adalah pengalaman paling anyar.
Pilih-pilih jilbab.
G : Yang itu berapa mas? (
tunjuk jilbab kuning)
M : 45 neng
G : Oh... Kalo yang ini (
pegang yang hitam, beda motif)
M : Sama
G : Harganya boleh kurang kan?
M : Boleh dong.
G : 50. Dua (
ambil yang hitam, letakkan di dekat yang kuning)
M : Waduh... Belom dapet neng. Delapan puluh deh.
G : Gak mau. Kalo mau, 50, dua (
bersiap melangkah pergi)
M2 : Neng..sini dulu. Berapa mintanya dia? (
mas satu lagi muncul)
G : Lima puluh. Dua.
M2 : Wah. Pintar kau pilih. Yang bagus itu (
yeah right....). 70 lah.
G : Gak mau.
M : Enam puluh lah.
G : Gak mau.
M : Tambahnya aja deh (
perhatikan! kata kunci ini muncul kembali)
G : Gak mau.
M : Seribu lagi gak mau?
G : Gak mau. Itu kan artinya 50 uda dapet. Ga usahlah pake nambah-nambah lagi (
berupaya menyadarkan abangnya, supaya kelak ia menggunakan trik lainnya. Karena trik ini jelas sudah tidak ampuh pada gue )
M : Ah. Si eneng. Boleh deh nih.

Hahaha. Gue sudah menggunakan metode sebut-satu-harga-gak-usah-naikin-lagi ini beberapa kali. Dan sepertinya masih bisa diteruskan lagi

9 Responses so far.

  1. waaakkakakk..
    sayah itu suka ndak tega ituh loohhh...

  2. AriWS says:

    klo berhasil nawar emang ada kepuasan tersendiri... yang bikin bete itu kalo baru sekali nawar langsung dikasih...gak ada perlawanan...:))
    BTW, silakan komen lagi di tempat aku..udah gak bakal kena spaminator deh..:D

  3. xwoman says:

    wahahaha... kayaknya dimana-mana penjual kayak gitu yach...

    yang jualan gitu kan kadang untungnya bisa dobel dari harga aslinya... makanya yang nawar juga jangan tanggung2 :D

  4. Erma says:

    @Tika
    "tega"nya musti dikantongin dulu Tik :D

    @ariws
    Itu memang bikin sakit hati dan penyesalan tiada tara.

    @xwoman
    Betul. Trik penjual. Lawan!!!Lawan!!!

  5. itikkecil says:

    tipikal ibu-ibu sekaleee :D . tapi kok saya gagal terus tiap kali nawar gitu...

  6. Erma says:

    @itikkecil
    sepertinya kadar "tega"nya kurang tuh. Dengan ini saya berikan saran yang sama dengan Tika :D

  7. wah.. gak adil.. aku sampai jumpalitan berusaha memahami teori ekonomi dalam kasus itu: namanya "second degree price determination" krn masuk ujian kemaren dan ternyata hanya dapat "C". gombalssss mukiyoss

    dan kamu memahaminya secara baik hanya dgn belanja?????

    lain kali ajak aku pas belanja ya... hehehehe

  8. Erma says:

    Taelaaa... ilmu kayak begini mah kagak usah pake kuliah mas :P

  9. Anonim says:
    Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

- Copyright © Feel... Think... Write... - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -