26 September 2007

Saya punya tetangga. Usianya beberapa tahun lebih tua dari ibu saya. Kami sudah bertetangga sejak bapak-ibu saya baru menikah dan tinggal di komplek ini. So, I've known her for all my life. Pada kondisi normal, saya biasanya memanggil ibu-ibu tetangga di komplek saya itu dengan "tante". Tapi berhubung saya pengen beda sendiri, khusus untuk beliau, saya kasih panggilan "madame". Beliau tidak keberatan, jadi dilanjutkan saja.

Madame dan keluarganya nasrani. Namun dia known to be punya toleransi yang sangat tinggi untuk agama lain. Dulu, ketika baru-baru nya saya hidup berdua dengan adik saya, di bulan ramadhan beliau setia mengetuk pintu rumah kami setiap pukul 3.30 untuk membangunkan sahur. Dan dirumahnya sudah tersedia santap sahur untuk kami. Padahal keluarga mereka tidak berpuasa. Sekarang, saya sudah bisa masak sendiri, jadi madame tidak perlu lagi membangunkan kami.

Beberapa hari terakhir, saya mendengar aktifitas di dapurnya pada jam-jam sahur. Siangnya, saya tanya dong, "kok masak nya pagi banget madame?".
Madame: Iyah. Ada temennya mas Ari (anaknya) yang nginep. Dia puasa.
Saya: Trus, sahurnya disni?
M : Iya. Jadi pagi madame masak air buat bikin teh panas. Nasi ama sayurnya sih masih ada dari malem
S : Lha terus madame kepagian dong bangunnya? Kan abis itu masak lagi pagi nya.
M : Abis masak air kan bisa tidur lagi.
S : Ah...biar aja dia masak air sendiri madame. Biar madame ga repot. Ntar madame kecapean, sakit lagi kayak dulu.
M : Gapapa kok. Nyiapin sahur buat yang puasa kan berpahala.
S : (speechless)

Ah...jadi malu. Saya yang masak buat 2 orang aja suka ngomel, soalnya masih ngantuk dan di kantor jadi ngantuk berat. Padahal, itu sahur ya buat saya juga.
Lha ini, sang madame. Ga puasa, ga sahur, tapi bangun pagi buat nyiapin sahur tamu nya malah gak keberatan.

Terima kasih madame, buat reminder nya.
Lope you...

2 Responses so far.

  1. Susetyo says:

    Menurut Erma, apakah Madame itu (dengan segala kurang lebihnya) hrs masuk neraka karena beliau tdk beragama Islam?

  2. Erma says:

    Wah.. ilmu dan pengetahuan saya belum cukup untuk memberi penilaian mas :D

- Copyright © Feel... Think... Write... - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -