04 Maret 2008

Bikin kliping adalah salah satu kerjaan saya disini. Dari kompas, the jakarta post, dan republika. Yang dicari adalah berita mengenai kejadian bencana di Indonesia. Kadang saya masukkan kejadian bencana di luar negeri. Kompilasi nya dilakukan bulanan.

Yeah...i know... SD banget ya bikin kliping, kekekek

Zaman dahulu kala, saya pernah berantem sama sang sekretaris kantor. Saya yang males keluar makan pas jam makan siang (karena penuh, banyak asap rokok, ngantri pula) memilih membaca koran ketika jam makan siang tiba. Dan hey,.. baca korannya saya kan bagian dari tugas yang diemban sebagai the-so-called Asisten DRR Coordinator. Nah sang sekretaris bilang, orang-orang lain (refer to staf kantor lainnya) merasa bahwa jam makan siang itu adalah jam paling tepat untuk mereka membaca koran. Karena di jam-jam lainnya mereka SIBUKS. Jadi mereka terganggu dengan ritual saya membaca koran di jam itu.

Sebelum saya semprot dengan udah-untung-jam-istirahat-gue-mau-kerja-kok-malah-diomelin, sang sekretaris menawarkan opsi bahwa saya tidak boleh membaca koran di jam istirahat, tapi sebagai gantinya, segera setelah jam istirahat saya usai, dia akan menyimpan koran itu dibawah meja supaya saya bisa baca.

Deal.
Hidup saya pun aman sejahtera.

Ketika kantor saya melakukan the-so-called reorganisasi, beberapa staf dieliminasi. Sang sekretaris ini salah satu korbannya. Sejak saat itu saya mendapat kesulitan abadi dalam menemukan koran setiap harinya. Kalo lagi rajin, saya akan berkeliling ke ruangan demi ruangan untuk menemukan siapa yang "menyimpan" koran itu.

Beberapa waktu lalu, saya menemukan solusi brilian untuk kelelahan saya mengideri kantor ini. Saya menemukan link yang ternyata menampilkan edisi lalu koran-koran ini.

http://www.kompas.com/kompas-cetak/0710/16/UTAMA/index.htm
link diatas digunakan untuk menampilkan kompas edisi 16 Oktober 2007.
07 adalah tahun (refer to 2007)
10 adalah bulan (refer to Oktober)
16 adalah tanggalnya
Jika saya membutuhkan edisi 3 November 2007 misalnya, maka saya hanya perlu mengganti link diatas menjadi http://www.kompas.com/kompas-cetak/0711/03/UTAMA/index.htm

http://thejakartapost.com/yesterday.asp?edition=20080211
link diatas digunakan untuk menampilkan the jakarta post edisi 11 Februari 2008.
2008 adalah tahun
02 adalah bulan (refer to February)
11 adalah tanggal
Jika saya membutuhkan edisi 9 Januari 2008 misalnya, saya hanya perlu mengganti link diatas menjadi
http://thejakartapost.com/yesterday.asp?edition=20080109

Brilian bukan?!
Setelah saya temukan trik itu, meski koran fisik nya tak jelas rimbanya, saya masih bisa tralala trilili.

Tapi, itu dulu.
Sejak kemaren, ketika saya mulai melengkapi daftar edisi yang terlewat, saya mendapati bahwa link itu sudah tidak menampilkan hasil yang saya harapkan. Page not found melulu keluarnya. Sepertinya sang kompas dan sang jakarta post sudah mengganti pola web nya. Entahlah. Saya ndak ngerti.

Yang jelas saya patah hati.
Edisi bulan Februari saya memang masih aman. Karena tidak seperti biasanya, kemaren kemaren saya rajin mengejar ketinggalan edisi. Hanya 1-2 hari berselang, saya sudah lengkapi file nya. Jadi edisi-edisi akhir the jakarta post nya masih bisa diubek-ubek di kantor.

Tapi bulan maret gimana?
Masak saya ngeronda lagi, keliling kantor demi menemukan sang koran itu?
Padahal, ini kan edisi pamungkas saya sebelum say goodbye

3 Responses so far.

  1. sebenernya pekerjaan kamu itu apa toh Ma..???? :D

  2. Erma says:

    apa ya?
    *nyari-nyari job desc di lemari*

  3. Anonim says:
    Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

- Copyright © Feel... Think... Write... - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -