31 Januari 2009

Wiken lalu (lupa Sabtu atau Minggu), Oprah membuka acaranya dengan memberi hasil survey yang mengatakan 4 dari 5 wanita mengaku tidak menyukai pekerjaan yang dilakukannya. Nah pembahasan episode itu berkisar tentang topik diatas. Menindaklanjuti permintaan ibu Account Manager yang sudah hilang akal bagaimana cara mencintai pekerjaannya *hiperbolis sayanya*, saya serta merta suruh neng ini nonton Oprah. Ealah.. di kota asalnya Rini ini, dia gak dapat Metro TV. Malang banget. Jadi saya berjanji dalam hati untuk menuliskannya di blog biar bisa dipelajari oleh si ibu Manager ini. Kepedean bener tulisan saya bermanfaat yak. Biarlah.


Jadi, Oprah mendatangkan Marcus Buckingham untuk membahas hal ini. Dia minta 'sampel' penontonnya (bujettt songongnya diriku, manusia dibilang sampel). Mereka diminta mengisi 2 buku. Buku merah dan buku hijau. Buku hijau diisi duluan dengan hal-hal yang dilakukan yang membuat mereka merasa 'strong/powerfull/happy' *saya kok lupa kata yang digunakan waktu itu* dalam konteks pekerjaan. Contoh yang muncul adalah, "saya merasa senang kalau saya berhasil memenuhi target yang dibuat". Jangan lupa, isi dengan hal-hal yang ANDA LAKUKAN sendiri. Bukan yang orang lain lakukan. Contoh salahnya adalah, "saya senang ketika bos memuji hasil kerja saya". Perhatikan bahwa anda senang atas apa yang bos anda lakukan. Jadi, taruh diri anda masing-masing sebagai sentralnya. Untuk buku yang merah diisi dengan hal sebaliknya.

Selesai isi buku, lihat hasil tulisan anda. Idealnya sih anda mencari pekerjaan dimana anda akan melakukan hal-hal yang anda tulis di buku hijau. Kalo kerjaan yang sekarang gak cocok, ya cari yang lain. Eh, tapi itu kan solusi radikalnya. Untuk beberapa orang, ada keluarga misalnya, yang harus dipertimbangkan. Terutama untuk mereka yang menjadi sumber nafkah keluarga. Solusi yang ditawarkan mas Marcus ini adalah berputar secara bertahap. Jangan langsung tinggalin kerjaan yang sekarang, tapi mulai dari sedikit, luangkan waktu untuk melakukan hal-hal yang ditulis di buku hijau. Sebagai kegiatan/pekerjaan sampingan misalnya.

Seperti episode Oprah lainnya, ada buku yang direkomendasikan untuk dibaca. Go put your strengths to work, adalah buku yang direkomendasikan. Pas melintasi Gramedia sih saya uda liat ini buku nangkring di rak nya. Udah niat menggebu-gebu lah saya nyari reviewnya. Kalo bagus, kan gampang belinya. Kata review disini sih, layak beli, tentu dengan beberapa tips dari dia supaya lebih menikmati saat membacanya. Makin semangat dong ah pengen beli. Ternyata oh ternyata, pas liat harganya Rp 450.000,- OMG!!! Hampir setengah juta??? Haduh... maap aja deh. Niat mulia ku untuk menghadiahi neng Account Manager ini harus kupendam hingga saya jad jutawan. Sori de mori jeng...

Jadi, postingan ini saja lah yang kuhadiahi untukmu ya Din. Semoga bermanfaat.

4 Responses so far.

  1. Rini says:

    Aku pengen komentar, tapi karna postingannya cuman untuk Dinna, jadi gak jadi deh...

  2. Erma says:

    Lah terus tulisan lo diatas apa namanya Riniiiiii

  3. trims ya jeng erma ...

    btw, gw sekarang bukan di palembang jeng ... gw di makassar.

    trims juga buat niat jeng erma toek beliin bukunya buat gw ... sungguh, terharu ... hiks hiks ...

    :) miss u so much ....

  4. Erma says:

    Jeng Dina, si Rini itu orang Makasar. Kemaren ke Palembang itu untuk menyukseskan Visit Indonesia Year aja hehehe

- Copyright © Feel... Think... Write... - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -