01 Juli 2009

Namanya Maria Nicolina dan Mudjito. Saya memanggil mereka madame dan om jito. Mereka sudah jadi tetangga sebelah rumah saya sejak saya lahir. Sampai sekarang. Mereka punya 3 orang anak. Yang bungsu usianya hanya 5 hari lebih muda dari saya.

Kalo dahulu ibu saya yang bangunin saya pagi-pagi, beberapa tahun lalu madame lah yang setia mengetuk pintu rumah kami ketika waktu sahur tiba. Dengan hidangan sahur di meja makannya. Padahal keluarga mereka pergi ke gereja.

Kalo dulu bapak saya yang ngeluarin motor saat saya gak kunjung dapat angkot dan terancam kesiangan tiba disekolah, sekarang om jito yang mengetuk pintu saya, mengajak berangkat kantor bareng dengan motornya, ketika saya bangun kepagian.

Madame tau saya gak doyan ikan atau sambal. Om Jito tau adek saya suka minum teh manis pagi sebelum tidur. Mereka yang paling tau rumah saya bocornya disebelah mana. Mereka yang paling depan membela kepentingan saya dan adik saya. Mereka yang paling keras memperjuangkan apa yang menurut mereka terbaik untuk saya dan adik saya. Madame yang pertama kali menawarkan diri menemani ibu saya berangkat ke rumah sakit setiap hari. Madame yang bergegas ke rumah sakit ketika ibu saya akan menutup mata.

Dari cerita Om Jito saya tau bahwa cara paling ampuh menghentikan tangis anak sulungnya ketika masih kecil adalah dengan kalimat, "tuh...pakde Rosul uda pulang". Iya...bapak saya itu emang galak, nyeremin hehehe. Dari madame saya tau bahwa ibu saya dan madame suka jalan ke Mayestik kalo lagi iseng kurang kerjaan. Muter-muter di Esa Genangku aja. Makan somay atau bakso atau soto atau beli cendol elizabeth, lalu pulang.

Gak heran kan kalau madame dan Om Jito ini tidak pernah rese nanya "kapan kawin" disertai nasihat 'bijaksana' kenapa saya harus menikah segera: mumpung masih muda, mumpung punya pacar, mumpung sudah kerja, dan mumpung mumpung lainnya.

Ah...

Sampai lelah mencoba pun, sata tak akan mampu membalas sepersepuluh kebaikan mereka pada saya.

*sayang, saya gak punya foto mereka*

5 Responses so far.

  1. tyas says:

    *tersentuh*

    udah lama gak mampir sini er, tulisanmu makin okeh beibeh

  2. Erma says:

    ah tyas.. selamat datang kembali

  3. ekalong says:
    Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
  4. ekalong says:

    "mengajak berangkat kantor bareng dengan motornya, ketika saya bangun KEPAGIAN.
    "
    > Lucu nih. B-)

    "adek saya suka minum teh manis pagi sebelum tidur"
    > "teh manis pagi sebelum tidur" apa sih, mba??

  5. Erma says:

    adek saya bangunnya malam dan tidurnya pagi, hehe

- Copyright © Feel... Think... Write... - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -