26 November 2009

*berhubung kerjaan numpuk, tapi malah kepikiran PR les, padahal belum ada ide mau diapain PR nya, maka lebih baik kiranya kalau saya bagi informasi tentang les di Goethe saja. Siapa tau bermanfaat*

Belajar bahasa Jerman? Ya di Goethe dong.

Well, sebenarnya bukan cuma di Goethe doang sih. Belajar di LIB UI juga bisa. Saya pilih di Goethe karena:

  1. Lokasi. Goethe di Jalan Sam Ratulangi, Menteng. Lebih deket dari kantor daripada ke UI yang di Salemba atau bahkan di Depok.
  2. Pilihan waktu belajar. LIB LBI kalau tidak salah cuma ada 2 pilihan, Senin+Rabu atau Sabtu. Goethe lebih banyak. Ada Senin+Rabu, Selasa+Kamis, dan Sabtu (ada pagi, ada siang). Itu untuk kelas yang ekstensif, artinya seminggu ada 5 jam pertemuan. Masih ada pilihan kelas lainnya intesif, superintensif, dll. Lihat sini atau telpon aja ke Goethe untuk info lebih lanjut.
  3. Customer Service. Berhubung saya gak ada waktu untuk datang dan tanya-tanya, jadi saya mengandalkan informasi hasil browsing dan telpon. Whoever yang ngangkat telpon di LIB dulu, gak informatif. Jawabnya lama dan (buat saya) gak jelas. Yang di Goethe, meski nunggu agak lama untuk bisa disambungkan ke operator, namun informasi nya jelas. Dari kapan pendaftarannya, jam berapa, metode bayarnya, mulai belajarnya. Informasi ini sebenarnya ada di situs nya, tapi I took the chance to crosscheck. Dan ternyata mbak yang jawab cukup pintar. Atau situsnya uptodate. Anyway, informasinya maching lah.
Jadilah sejak Januari lalu saya les di Goethe. Saya ambil kelas yang ekstensif. Seminggu 2 kali. Senin+Rabu jam 18.30-21.00 ada istirahat 15 menit di jam 20.00. Sejak tahun ini Goethe mengubah sistem kursusnya dari yang dulu semesteran (6 bulan) menjadi kuartalan (3 bulan). Kalau tebakan saya sih supaya lebih banyak kesempatan mendaftar, dan lalu makin banyak murid, hehe. Tapi buat para murid ini juga jadi lebih banyak kesempatan 'rontok' nya. Setelah 3 bulan kalau tidak mau, tidak minat, tidak mampu, tidak cocok jadwalnya, bisa udahan.

Tingkat kursus di Goethe banyak bener. Jadi pusing. Karena saya lanjut terus, jadi Desember ini saya di A.2.1 (A Zwei Eins). Waktu A.1.1 guru saya bernama Frau (ibu) Orion, karena beliau sedang hamil besar dan akan cuti setelah meluluskan kami dari A.1.1, jadilah di A.1.2 saya ganti guru menjadi Herr (bapak) Alamson. Dan lalu waktu saya naik ke A.1.3 kelas Senin+Rabu nya ditutup. Kurang peminat kali, hehehe. Jadi deh saya pindah jadi Selasa+Kamis. Gurunya ganti lagi jadi Herr Reynold. Untungnya, pas naik lagi ke A.2.1 saya gak ganti guru lagi.

Cerita tentang gaya mengajar masing-masing guru, di edisi lainnya aja ya. Nanti saya pikirkan dulu apakah diperlukan atau tidak.

Ruang kelasnya kecil, maksimal hanya memuat 20 orang setiap kelasnya. Waktu A.1.1 saya ber-20 sekelasnya. Ramai. Seru. Masih sama o'on nya di kelas. Begitu naik ke A.1.2 'rontok' jadi... delapan orang. Bayangkan betapa sunyi kelas saya jadinya. Ada yang gak lanjut karena sudah harus berangkat ke Jerman, ada yang karena kantornya sudah tak mensponsori, ada yang emang uda gak mau les lagi, ada yang uda dapat kerja (les nya iseng isi waktu saja, sepertinya), ada yang pindah hari. Untungnya ketika naik ke A.1.3 uda nambah lagi jumlah siswa nya. Saya lupa jumlah persisnya, tapi sekitar 18-20 orang kayaknya. Mungkin ini akibat merger kelas ya. Dan di A.2.1 jumlahnya relatif sama, walaupun komposisinya ganti.

Eh biaya belum ya?

Di situs juga ada sih. Saya bagi informasi untuk kelas yang saya ambil aja deh. Buat ekstensif, saya bayar Rp 1.350.000,- per kuartal. Dibayar tunai atau debit BCA waktu daftar. Lalu ada buku pelajaran dan kamus yang beli sendiri. Harganya kalau tidak salah ingat antara 150-200rb. Maaf sudah lama, jadi lupa. Bisa beli di Goethe juga sih, katanya harga sama dengan di luaran. Entah saya gak cek. Di Gramedia juga ada. Di pameran buku juga ada. Bukunya gak ganti tiap kuartal kok. A.1.1 sampai pertengahan A.1.3 kami pakai buku Studio d A1. Setelah itu hingga sekarang saya pakai buku Studio d A2. Btw, kok sekarang di situsnya bilang ekstensif Rp 1.400.000,- ya? Jangan-jangan emang bakal naik nih uang les nya :(

*Update 7Jan2010: Ternyata A.2.2 bayarnya Rp 1.500.000,- hiks ilmu sungguh mahal ya.

Nah, sekian dulu informasi awal nya. Niatnya sih besok-besok mau berbagi pelajaran les nya dari awal. Sekalian review gitu. Soalnya uda hampir setahun les kok masih merasa belum pinter ya. Ya..sekalian latihan nulis lah, kali aja saya ada bakat bagi-bagi ilmu, hehehe.

21 Responses so far.

  1. frau erma dah tajir rupanya.. biaya les mahal jabanin aja..

  2. Erma says:

    sombong mode ON:
    mahal ya?

    sombong mode OFF:
    ilmu itu priceless mas :p

  3. keblug says:

    goed goed goed... :D:D

  4. Erma says:

    harusnya gut..gut..gut.. :)

  5. ayuk ma..tiap jumat..lu bahas bahasa jerman.gw bahas pajak? gimana?

  6. Erma says:

    yuk yuk yuk. starting this week gimana?

  7. ekadut says:

    Mba Erma, bukan LIB.. tp LBI.. hehehe
    Mba Erma sekarang masi lanjut?
    Eka baru gabung di Goethe Jan ini. Alhamdulillah, placement test bisa naik level, gak mesti dari dasar. Kemarin tes tertulisnya diawasi Frau Orion, kalau tes lisannya ama Herr Sito (itu kayaknya Herr Alamson Situmorang deh --> aku liat di web).

  8. Erma says:

    Iya... kebalik, jadi malu hehehe
    Saya lanjut ke A.2.2. Eka masuk di level mana?

  9. ekadut says:

    Aku akhirnya ngambil intensif A1.3+A2.1, mba. Mestinya sih hasil placement test nya B1. Tp aku ga pede. Masih susah dgrin org ngomong Jerman gini kok. =P
    Mba, aku boleh copy buku A1.3-nya gak?

  10. Erma says:

    A.1.3 sampe A.2.2 pake buku yang biru. Dan masih saya pake. Apa gak mau beli aja? Kalo gak salah pernah liat deh di Gramedia

  11. ekadut says:

    iya, aku dah liat di Gramed Matraman ada, mba.
    Maksudnya, di awal A1.3 kan ada dikit make buku A1, mba.
    makanya aku mau copy itu aja. hehe..
    Mba lesnya Selasa-Kamis ya?
    aku Senin-Rabu-Jumat.

  12. Erma says:

    mm.. trus gimana pinjemnya?

  13. ekadut says:

    Kalo mba lesnya besok ya besok aku ke goethe, ketemu sebelum mba masuk les. Kantorku di sebelah Plaza BII, jadi deket2 aja kok ke Goethe.
    Mba mau add ym-ku gak?? Aku dah kasi kemarin dulu di Shout-out..

  14. duanaud says:

    halo :-)

    wah kebetulan bhuaangeeettt...!
    sy Duan, baru mau mulai kurus eh kursus di Goethe, kelas no kecil (A1.1). trus udah pecah celengan badak (1,5jeti, mahal bow..), eh liat harga bukunya amit amit deh muahallnya: 240 rebu.. (secara now lagi fakir-fakirnya.. baru mau mulai S2 juga.. :-(

    bakal terima kasih sekali kalo sy bisa di pinjemin or fotokopi buku kamu please..? yg kelas dasar itu (A1.1) udah gak di pake kan..? Atas bantuannya saya ucapkan terima kasih banyak.. please kontak saya ya (Tinggal di Depok, belakang kampus UI).

    duan
    0852 87777 898
    duanaud@yahoo.com
    Jl. Koja IV no.3
    Kukusan - Beji
    Depok 16425

    blog: www.tualang.wordpress.com

    ---
    ps: makasih sekali lagi yaa... :-)

  15. Erma says:

    @duanaud. Duh maaf baru baca msg nya sekarang. Masih butuh?

  16. duanaud says:

    Thanx zuper much, Erma.. :-)

    kemaren dah dapet pinjeman di Bibliothek Goethe.. Gue baru tau ternyata selaen Buku Studio D itu di label "referensi" (cuma buat baca di tempat) ada juga item yg boleh di pinjem. cuman harus nunggu waktu lama dapet giliran karena dah di pinjem orang laen..

    Nah, minggu lalu akhirnya gue berhasil bawa pulang itu buku.. ya masih butuh sih kalo Frau Erma berkenan minjemin, secara kan lebih enak aselinya dari pada fotokopi, sementara gue juga pinjem buku di goethe dapet jatah, gah bisa tiap minggu.. heheh.. oh ya selaen itu Kursteilnehmer yg laen kan ada yg mau pinjem juga kan.. o iya, selaen itu buku yg dipinjem bareng buku latihan soal yg tipis itu (heft ya, in Deutsch)

    ok.. makasih banget nih kalo mau minjemin bukunya, pahalanya gede loh Neng.. apa lagi bulan puasa bulan romadon.. nambah gueeedee lagee..

    my warm salaam,

    duan :-) *021 8381 9193*

  17. Give TOP TOP buat postingan ini. Thanks sudah kasih tentang info le di Goethe...
    Aku juga mau les disana, seru tuh pasti. 2011 tapi. Huakakakak

  18. Anonim says:

    oihhh... Ja Super..!

    barusan selesai kurus "nol kecil" (A 1.1) di goethe. seru juga! dan gue dapet mark bagus loh, 8.7 cing.. (out of 10) hehe..

    trus, gue pikir untuk selanjutnya gue mo belajar di rumah aja, karena udah tau dasar2nya..t inggal banyaklatihan aja dan yg penting, cari teman untuk conversation. Bukannya apa2, selain gue pe-de banget bisa belajar sendiri, tapi juga karena.. karena.. karena biayanya muahall bagi gue, 1,5 jeti, belon lagi bukunya...

    salaam,
    duan (depok)

  19. Erma says:

    @Duan. Duh maaf ya gak sempat follow up janji-janji surgaku untuk pinjemin buku. Tapi salut deh sama semangatnya buat belajar.

    @Bayu. Tuh tanya ama Duan gimana caranya biar dapat nilai bagus

  20. frau Erma, boleh minta alamat email ny gk?
    pengen bincang2 mslah bhs.jerman lebih privat lgi!!

  21. Erma says:

    Ampun.. saya uda lupa semua pelajarannya

- Copyright © Feel... Think... Write... - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -