25 Desember 2009

Baiklah, mari kita memulai sesi belajar bahasa Jerman.

Pelajaran dasar, seperti pelajaran bahasa lainnya, adalah berkenalan. Kita akan pelajari dengan model tanya jawab. Nah berhubung pola kalimat bahas Jerman lebih mirip ke bahasa Inggris, maka saya akan taruh versi bahasa inggrisnya juga. Kalau ada kesalahan struktur dalam versi bahasa inggrisnya, tolong dibenerin ya...saya juga masih belajar, hehe. Syukur-syukur kalo nita

mau bantuin cek versi bahasa Jermannya, hihi.


Wie heissen Sie?

What is your name?
Siapa nama kamu

Yang dijawab dengan....

Ich heisse Erma (atau isi nama kamu)
My name is Erma
Nama saya Erma

Lanjut dengan perkenalan standar selanjutnya:

Woher kommen Sie?
Where do you come from?
Darimana asalmu?

Dijawab dengan

Ich komme aus Java (atau isi asal kamu)
I come from Java
Saya orang Jawa

Trus kalo mau main ke rumah gimana?

Wo wohnen Sie?
Where do you live?
Dimana kamu tinggal?

Ayoooo dijawab gak? Jawab aja deh. Tapi kalo baru kenal jangan kasih alamat lengkap ya. Sapa tau dia stalker, hehehe.

Ich wohne in Bintaro (atau isi tempat tinggal kamu)
I live in Bintaro
Saya tinggal di Bintaro

Nah, itu pelajaran tahap 1. Gampang kan?

Apa? Mau yang susah? Ck ck ck. Sini saya beri.

Jadi, dalam bahasa Jerman (seperti juga dalam bahasa lainnya) subjek itu berbeda-beda. Dibawah ini adalah daftarnya.

Lho, diatas
Sie jadi 'kamu', kok bukannya du? Jadi, Sie dipakai untuk menyapa orang yang baru kenal, lebih tua, lebih dihormati, dan sebangsanya. Kalau uda kenal dekat, atau sama teman sendiri, silahkan pake du. Gampang kan? Atau pusing? Jangan dulu.

Penggunaan verb (heissen. heisse, kommen, komme, wohnen, wohne) tergantung jenis subjek nya. Lihat deh, walaupun artinya sama-sama nama, ketika subjeknya
Sie verb nya heissen, sementara ich verb nya heisse. Kalo gitu, kita lihat daftar konjugation nya ya.

Gak usah pusing hafalin semua bentuknya. Lihat saja pada polanya. Hilangkan akhiran en pada kata dasarnya, lalu tambahkan akhiran sesuai dengan rumus umum yang saya taruh di kolom paling kanan. Itu rumus umum yang digunakan di sebagian besar kata-kata dalam bahasa Jerman ini. Ada beberapa pengecualian memang. Tapi itu untuk kapan-kapan aja ya ya.

Jadi, bagaimana pelajaran pertama kita? Susah? Gampang? Ada pertanyaan? Ada koreksi? Silahkan ya ditaruh di komentar.

*saya gak tau gimana masukin tabel di blogspot. Jadi ini tabelnya dibikin di ppt trus disimpan sebagai jpeg baru diaplod. Ribet bener ya? Ada yang punya solusi lain?*

3 Responses so far.

  1. hihihihi.
    sama Mbak. Sini juga mumet belajar bahasa Perancis. Banyak bener deh aturannya.
    Pantesan aja orang Jerman sama Perancis pinter2. Itu otak udah diasah tiap kali ngomong.

    *tidak memberi solusi tentang tabel*

  2. Erma says:

    yang saya sungguh gak ngerti, kenapa juga kata benda harus berjenis kelamin. Perancis juga gitu kan? Bikin hidup merana ajah.

  3. dea says:

    Emm mw nanya..
    Saya ga bisa bhsa jerman. Baru mw bljr sendiri.
    Bhsa jerman itu sesusah bhsa inggris ga? Ada rumus" sperti bhsa inggris tdk? Mksh :)

- Copyright © Feel... Think... Write... - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -