24 Desember 2009

Mungkin saya adalah orang yang kesekian juta yang mengatakan bahwa porsi terbesar ucapan selamat ulang tahun kali ini, datang dari facebook. Iya, buat mereka yang memasukkan data tanggal lahirnya, maka facebook akan menampilkan di layar teman-temannya, beberapa hari sebelumnya. Tanda kecil bertuliskan 'Erma Maghfiroh's birthday is Today' muncul di sebelah kanan.

Dan facebook pun menggunakan beberapa zona waktu yang berbeda. Itulah mungkin penyebab saya mendapatkan ucapan selamat ulang tahun pada tanggal 21. Huhuy... Prematur dong. Tapi sang pemberi ucapan keukeuh bahwa facebooknya mengatakan saya berulang tahun hari itu. "Salahkan saja facebooknya", katanya enteng. Baiklah, tak akan saya debat orang yang berniat baik pada saya.

Tapi buat pembaca lainnya, yang belum terkena kesalahan ini, sebenarnya trik nya gampang kok. Bukan sekali dua kali saya menemukan notifikasi kecepetan di facebook ini. Biasanya, kalau saya memang mau mengucapkan selamat pada sang birthday girl/boy, saya akan masuk ke halaman facebooknya, lihat di sebelah kiri, dibawah foto dirinya, akan terlihat tanggal ulang tahunnya. Cocokkan dengan tanggal hari ini.

Sudah cocok? Tinggalkan ucapan selamat ulang tahun. Sebagian besar akan menuliskannya di wall. Saya lebih suka meninggalkan pesan. Bukan eksibisionis sih. Hahaha.

Nah, kalau ternyata notifikasinya kecepetan? Tutup halamannya dan buka lagi esok hari, atau lusa. Pas hari ulang tahunnya. Lalu ikuti dengan meninggalkan ucapan anda disana. Apa? Takut lupa? Ya itu gunanya pesan. Kalau saya, akan saya tulis di subject pesannya: "Untuk dibaca tanggal XX (tulis tanggal ulang tahun)". Gampang kan?!

Eh terus isi ucapannya apa?

Kemaren itu, saya sampai siwer baca "wish you all the best" sampai kebaca " you are the best", hahahaha. Ini siwer apa narsis ya? Saran saya, kasih kalimat yang terkait langsung dengan si penerima ucapan. Tidak usah terlalu berbunga-bunga, biasanya malah ketebak kalo copas dari tempat lain, hehehe. Ucapan kayak apa sih yang terkait langsung? Nih beberapa contohnya:

Si Mona, temen les saya, mendengarkan waktu saya cerita bahwa saya sedang melobi si pacar untuk beli henpon baru. Buat saya. Dan buat dirinya sendiri. Hehehe.

Winy, temen SMA, konsisten orangnya. Setiap tahun sejak saya lulus kuliah selalu dia mendoakan agar saya segera menikah. Semoga tahun depan doanya Winy sudah bisa bertransformasi ;)
Kalo jeng Ira, sang teman maya, dia kan pembaca setia blog saya. Dari sana dia bisa tau bahwa cita-cita saya adalah hal yang didoakannya. Itu namanya perhatian.

Ya ampun, dikasih doa begitu aja seneng. Bukannya mendingan yang lebih 'berbobot'? Mmm... gak tau deh kalau orang lain, kalau saya sih lebih seneng didoakan hal yang sederhana namun jelas sasarannya untuk saya. Anyway, buat yang lain, yang tidak kesebut diatas, no offense ya. Selama niat anda baik, saya berterima kasih banyak sekali amat sangat untuk ucapan selamat ulangtahunnya.

Terima kasih. Danke. Merci. Matur suwun.

8 Responses so far.

  1. iyra says:

    aihhh aihh ada nama saya...makasih. eh ternyata boleh ngedoain cepat nikah.. takut alam keselek. haha...jadi dapat henpon ga kadonya?

  2. Winy says:

    hei hei hei... itu kan tambahannya.... yang utamanya kan lewat pesan, soalnya saya juga bukan eksebisionis :P
    kalo yang tambahan emang sengaja di-eksibision, di samping saya gatel aja ketak ketik di wall mu, hehe...

  3. Winy says:

    oh, iya... Amin...

  4. Erma says:

    @Ira. HP uda dapet, dibungkus dengan "ini sebenernya buat gue, lo pake dulu aja deh sekalian test drive" hahahaha.

    @Winy. Sudah mulai eksibisionis juga neng Winy ini. Btw, kenapa pula nama di fb nya ganti2 gitu?

  5. Winy says:

    saya gak eksibisionis, cuma kadang2 suka show-off :P

    nama ganti sekedar variasi dalam hidup berfesbuk sajah :D

  6. dinsul says:

    erma .... gw lupa b'day loe. berhubung gw udah lama ga fesbuk-an, jadi hilang lah notifikasi otomatis itu ....

    hepi bidey ya, mbak .... *erma would think : gile, basi banget ga siy ... taon aja udah ganti*

    sorry ya, ma ... wish u all the best and success for a nice and wonderful wedding this year ... ;)

  7. Erma says:

    hahaha.. emberrr basi benerrrrr
    tapi tetep makasih :)

- Copyright © Feel... Think... Write... - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -