04 Januari 2010

Setelah menghadiahi diri dengan penggorengan kayak di tipi-tipi itu, si pacar sudah gatal mengompori saya untuk mencoba. Saya juga sih. Hihi. First attempt nya sebenarnya macaroni schotel, tapi karena resepnya agak ribet, belum dipoto, dan males browsing, jadi kita bahas the second attempt nya aja ya. Alias masakan kedua. CHICKEN CORDON BLUE.

Bahannya sedikit dan caranya gampang. Jadi digabung aja ya.

  • Siapkan beberapa sendok tepung terigu yang dicampur dengan merica dan garam. Berapa? Ya secukupnya aja. Ini untuk melumuri si ayam.
  • Siapkan tepung roti, juga secukupnya. Tergantung berapa potong ayam yang mau digoreng.
  • Telur 1 butir, kocok. Tapi jangan dibikin dadar. Hehe.
  • Daging ayam tanpa tulang. Chicken fillet kalo di supermarket. Kalo saya beli di Giant. Entah kalau di pasar tradisional ada apa tidak. Belah tipis jadi 2 tapi jangan putus. Bagian tengah ini nanti untuk diisi dengan smoke beef dan keju.
  • Daging asap alias smoke beef. Ini juga jumlahnya tergantung dengan jumlah ayamnya.
  • Keju iris. Saya kemarin pakai keju cheddar slice.
  • Tepung roti. Juga buat melumuri si ayam.
Jadi, daging ayam yang sudah disayat itu, diisi dengan keju dan smoke beef. Lalu digulingkan di campuran terigu tadi. Lalu ditaruh di campuran telur. Lalu digulingkan di tepung roti. Dan... digoreng. Sebisa mungkin sih minyaknya cukup banyak sehingga ayam nya tenggelam dalam minyak goreng. Tapi karena saya sayang minyak jadi cuma tenggelam separuh aja si ayam. Itupun pakai wajan biasa, yang cekung. Jadi bisa menenggelamkan daging ayam *lho tadi kan pamer wajan baru*.

Cukup sampai berwarna kecoklatan saja. Kalau daging ayamnya tidak terlalu tebal, bisa dipastikan ayamnya sudah matang kok. Oh ya, supaya aman, gorengnya pakai api kecil saja, biar gak cepat gosong.

Selamat memasak.

*maaf gak ada foto, lupa moto
**postingan untuk menyemangati Ollie yang salah satu resolusi tahun ini adalah memasak chicken cordon blue

5 Responses so far.

  1. dinsul says:

    ma, rasanya gimana? ... enak ndak?
    yang penting justru itu, ma ... review soal rasa ... :p

  2. Erma says:

    Enak jeng.. kalo aku pribadi prefer yang dagingnya tipis tapi isinya banyak, jadi kalau milih chicken fillet yang setipis mungkin

  3. permisi.... mau nanya...
    itu ada manusia yang suka hasil masakannya situ? pitik cordon biru itu?

  4. Erma says:

    heh menghina nih. Suka semua dong :p

  5. Ollie says:

    Thanks, will try ^^

- Copyright © Feel... Think... Write... - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -