12 January 2011

In the search of Juliana (dan Juliana Jaya)

Okeh, jaman boleh segala online gini, tapi ternyata nyari info di dunia maya tentang Kursus Menjahit Juliana (Jaya) ampun susahnya. Eh dan ternyata, Juliana Jaya dan Juliana (doang) itu beda ya bok!

Hasil pencarian info di dunia maya hanya memberikan satu blogpost yang cukup informatif. Silahkan lihat disini.

Ndilalah, dalam perjalanan di sekitar rumah mertua (Cilandak KKO), saya melihat ada kaca bertuliskan JULIANA besar-besar. Padahal jalanan itu sudah sekian puluh kali saya lewati. You cannot find something you did not looking for *wisdom seadanya ciptaan miss Erma*. Esok harinya suami menemani saya mendatangi tempat itu dan berniat numpang makan siang di mertua setelahnya. Ternyata, ini adalah lokasi salah satu Kursus Menjahit JULIANA. Demi membantu orang-orang lain yang mungkin mencari info tentang tempat ini, saya dengan baik hatinya akan menuliskan informasinya. Menurut brosurnya, Kursus Menjahit JULIANA ini ada di lokasi-lokasi berikut:

Pusat
Jl. Mampang Prapatan VI (Buncit III) No.3 JakSel

Cabang
  1. Jl. Raya Cipulir No.1 (Ps. Cipulir Lemigas) Keb. Lama JakSel - Telp 725 4519
  2. Ruko Pamulang Permai Blok SH 9/7 Samping Bank Mandiri - Telp 680 87144
  3. Jl. Raya Cilandak KKO No.10 (Depan Mall Cilandak) JakSel - Telp 782 7204 - HP 0816 190 7280
  4. Jl. H. Ipin Ps. Pondok Lau JakSel - Telp 765 8084
  5. Jll Raya Lenteng Agung Ps. Minggu JakSel - Telp 782 1189
  6. Jl. Sandratex No.76 Rempoa Ciputat (20m dari Jl. Raya Ciputat) - Telp 747 11505
  7. Jl. Tarumanegara No.6 Cirendeu Pondok Cabe
  8. Jl. Raya Tanah Kusir Gg. Harun No.5 (Depan Pool Taxi Blue Bird) JakSel
  9. Jl. Meruya Utara No..9 Kebon Jeruk JakBar - Telp 586 5474
  10. Jl. Raya ciracas Gg. Bandag JakTim - Telp 798 5321
  11. Jl. Nenas Raya No.57 (Depan Ps. Malabar) Tangerang - Telp 725 4519
  12. Jl. Akses UI Kelapa Dua Gg. Jengkol (Samping Asrama Brimob) Cimanggis - Telp 877 15113
  13. Jl. Raya Jatiwaringin Gg. Sejahtera No.11 (Belakang Musholla) Pondok Gede Bekasi
  14. Jl. Mawar Raya No.3 Depok I - Telp 777 3733
  15. Jl. Raya Pondok Aren (depan Masjid Al Abror) - Telp 731 3709
  16. Jl. Dewi Sartika Belakang Ramayana Ciputat - 685 46075
  17. Jl. Raya Kembangan Utara No.46 Kembangan JakBar - Telp 735 4519
  18. Jl. Jati Raya No.82 Parung, Depan Pasar Parung - Telp 685 46075
Menjahit tingkat dasar Rp 995.000,-
Belajar tiap hari @2 jam selama 3 bulan

Menjahit tingkat dasar khusus Rp 1.095.000,-
Belajar setiap hari @2jam selama 4 bulan

Menjahit tingkat trampil Rp 1.295.000,-
Belajar 3xseminggu @2jam

Menjahit tingkat mahir Rp 1.495.000,-
Belajar 3xseminggu @2jam

Ada juga info tentang jumlah bahan praktek yang disediakan dan model yang dipraktekkan. Tapi silahkan datangi/telp salah satu lokasi diatas kalau mau tau dan kalau berhasil menemukan.

Tempat pertama yang saya datangi adalah yang nomor (3). Disana ketemu dengan Ibu Surti dan beliaulah yang memberikan brosur yang saya salinkan diatas. Ada 6 waktu pilihan belajar setiap harinya (minggu libur) dari jam 9 sampai 20.30. Masing-masing 2 jam. Bu Surti cukup fleksibel dengan pengaturan waktunya jadi kalau misal mau ambil yang setiap hari tapi ada salah satu harinya gak bisa, gapapa. Kalau mau ambil lebih dari 1 sesi perharinya, gapapa. Sabtu dikhususkan untuk yang belajar seminggu sekali (misal: yang ngantor Senin-Jumat). Peralatan beli sendiri atau bisa beli di Bu Surti (lupa harganya, sekitar 100rb kalau gak salah).

Karena merasa Cilandak terlalu jauh dari Bintaro, saya coba menemukan beberapa lokasi lain yang lebih dekat, dengan bermodalkan alamat-alamat di brosur ini. Saya carilah alamat nomor (8). Saya sudah masuk di Gg.Harun nya dan sudah menyusuri sekitar 400m ke dalam tapi gak menemukan sang Juliana. Jadi no (8) saya coret dari daftar.

Kemudian saya datangi yang nomor (1). Berhasil saya temukan. Biaya sama. Tapi waktu belajar beda. Disini cuma 3xseminggu @3 jam (lupa nyatet harinya). Dan gak bisa ngambil lebih dari 1 sesi perharinya. Tapi disini harga peralatan (kalau beli ditempat) cuma Rp 60.000,-

Masih belum puas dengan yang sudah ada, saya lalu mendatangi lokasi yang saya temukan di link diatas. Kirain ini adalah lokasi no (6). Tapi ternyata bukan. Disana adalah School of Fashion "Juliana Jaya" or so they say, atau bahasa sininya Kursus Menjahit/Tata Busana Wanita&Anak.

Menjahit tingkat dasar Rp 2.525.000,-
Belajar 5xseminggu = 2 bulan

Menjahit tingkat terampil Rp 2.550.000,-
Belajar 5xseminggu = 4 bulan

Menjahit tingkat mahir Rp 2.800.000,-
Belajar 5xseminggu = 4 bulan

Waktu belajar 9-12 dan 13-16 Senin-Sabtu. Langsung 2 sesi perhari juga bisa.

Kalau langsung ambil paket (tingkat dasar lanjut tingkat terampil lanjut tingkat mahir sekaligus sekali jalan), dapat diskon 50% sehingga total hanya membayar Rp 3.93.5000,-

Nah sudah lumayankan tuh infonya.

30 komentar:

Anonymous said...

Mbak....tengkyu banget infonya, sangat bermanfaat buat saya yang memang lagi cari info kursus jait. Kebetulan memang sering liat Juliana yang di Cilandak, tapi belum sempet mampir kesana. Makasi yaaa :-)

capcaibakar said...

mau belajar jahit ya Ma?

Erma said...

Your welcome :)

@Ira. Ho oh

keblug said...

maa,sekalian atuuh juliana yang di Bandung. pang tanyakeun ke ibu surti nyaaaak :)

Erma said...

yah.. bu Surti nya gak punya info lintas provinsi jeng. Saran gue, lihat kanan kiri aja pas jalan-jalan, kalau uda ketemu satu lokasi di Bandung, biasanya dia punya brosur yang berisi daftar lokasi-lokasi lainnya.

Eh eh eh... kalau enggak, belajar jahit nya di Jakarta aja, biar gue ada temen hehehe *saran mahal diongkos*

Mirelsa said...

Mantep mba'...thx berat infonya. Btw, bedanya JULIANA sm JULIANA JAYA itu apa ya?

indonesiagate said...

Thank infonya berguna banget, udah lama searching di web tentang info kursus jahit di daerah bintaro, surveynya keren dan lengkap.
thx a lot!!

Erma said...

@Mirelsa. Waduh... saya juga ndak tau.

@Indonesiagate. Semoga bermanfaat

Anonymous said...

Mbak, infonya lengkap banget, top deh, akhirnya ngambil kursus juliana yang dimana? Saya jg di bintaro nih, sektor 5, mau nyari yg deket2 aja :D minta contact person kursus jahit Juliana yg Mba ambil donk :D

Anonymous said...

lagi nyari2 juga info kursus di wilayah depok,,,,akhirnya nemu juga info kursus jahit....:) thank's ya mba buat infonya...tadi langsung meluncur ke TKP :D

Anonymous said...

mbak aku jadi binggung jadi yang bener yang mana biaya jahitnya??? trs no tlpnya berapa???

Erma said...

Ya.. kok komentatornya gak meninggalkan nama?
Saya akhirnya kursus di no.3(yang di Cilandak).
Buat anonymous terakhir, nomor teleponnya kan sudah saya tulis. Biaya kursus tergantung mana paket yang dipilih.

Anonymous said...

yuhuuuu....udah 2 minggu nih mba saya belajar jahit yg di Jl. mawar itu....orangnya baaaaiiikkkk banget, udah tua, biasa di panggil eyang, uang kursusnya pun bisa di angsur, waktu fleksibel, dan garansi sampai bisaaaa..pokoknya sukaaaa banget sama si eyang ini, mau ngajarin saya yg memang masih nol banget di bidang jahit menjahit.......tengkyu sekali lagi ya mba buat infonya....salam kenal-----Dya-----

Erma said...

Wah.. asyik ya.
Ayo ayo yang di Depok kursusnya di Jl.Mawar ya

dzonk.cbonang said...

mba..juliana ma juliana jaya beda ?
Ntu d atas biaya yg 3 paket ,dasar,trampil,mahir,,bneran diskon 50%,,ntu d juliana pa d juliana jaya ?
Kalo bsa,saya ingin perincian tentang juliana jaya,,jadwal,,n0 tlv,dn alamat..
Mkash mba info d atas

Erma said...

yang diskon 50% itu Juliana Jaya. Aku gak ambil disitu jadi gak tau itu benar apa enggak. Keterangan itu aku copas dari brosur yang aku ambil langsung di lokasinya. Waktu belajar kan juga sudah kutuliskan disana ya. Kalau nomor kontak maaf memang gak sempat nyatat.

Lokasi, mengutip isi blog acuannya (http://penjahitwannabe.wordpress.com/2010/01/24/sekilas-juliana-jaya):
"Aku siswa kursus Juliana Jaya cabang Ciputat, deket Makro, kalo dari arah ciputat, letaknya sebelah kiri jalan, bbrp meter sebelum makro. Lokasinya gak persis di pingggir jalan sih, agak masuk sedikit sekitar 50 meter, tapi di pinggir jalan kelihatan kok plangnya : JULIANA JAYA"

bernadetta tya said...

klo yang nomer 3 itu, dari bintaro sektor 3a naik angkutan umum apa ya? thx a lot

-tya-

Erma Maghfiroh said...

Yang di Cilandak ya?
Naik angkot merah S08 (ke arah Lebak Bulus) dari perempatan Bintaro Plaza, turun di lampu merah PGA (atau FedEx). Lanjut naik Kopaja P20 atau Koantas Bima 509 sampai perempatan Trakindo. Turun dan nyebrang ke arah depan Tarumanegara dimana banyak angkot biru 61 ngetem. Naik angkot itu dan turun pas di depan tempat kursusnya. Patokannya, di samping Almafart sebelum Cilandak Mall. Tempatnya ada di kiri jalan ya.

RISYA said...

Thanxs infonya ya...

Anonymous said...

Kami Produsen Rumah Busana Muslim berlokasi di Kp Bubulak dekat Perum Vila Nusa Indah – Jatiasih, Bekasi membutuhkan
penjahit pria/wanita usia 20 – 35 tahun. Disediakan asrama, dapat makan 2 kali sehari insya Allah penghasilan menarik. Jika ada
Yang berminat hubungi kami di 081317616733

ayu amalia said...

yang di tangerang / jakbar ada gak

oT3nt1k'z ZoNe said...

mau tanya mbak kursus juliana yg di jatiwaringin ada nomor teleponnya gak mbak?? terus kalo boleh apa bisa saya minta brosurnya??? trm ksh

Erma Maghfiroh said...

@ ayu amalia. Selain yang ditulis di atas, saya gak punya info lagi

@ oT.... (duh susah amat idnya)
data di atas saya salin dari brosurnya. Saya bukan pegawai atau pemilik kursus jahitnya loh

Fairuz said...

Betul sekali, susah sekali memang mencari info ttg Kursus Juliana Jaya, padahal tempat kursus ini cukup ternama..

Terima kasih banyak atas infonya yaah...
Sangat membantu!

Starly said...

thzz infonya mb'.. Ntr nyari yg trdekat dg daerah margonda krn gk paham jalan hehehe..... Makasiiiiiiiiiih :-)

Starly said...

thzz infonya mb'.. Ntr nyari yg trdekat dg daerah margonda krn gk paham jalan hehehe..... Makasiiiiiiiiiih :-)

Anonymous said...

Mba Erma, salam kenal. Trims infonya. Masih lanjut kursuskah? Mhn info pencapaiannya skarang ini. Sesuaikah dengan janjinya? :) Sy jg minat ikut d sini.

kursus menjahit said...

Mbak Erma saat di jogja bisa mampir di tempat kami Kursus Menjahit Navita

Gatot Sumantri said...

Setahu saya juliana dan juliana jaya bedanya : kalau juliana jaya ada di mana2 termasuk sumatra , jawa dan bali, saya di cirebon ada alamatnya jl.dr cipto, setahu sy juliana jaya cabangnya banyak sampai jakarta , bekasi, kerawang,purwakarta,bandung,jatibarang,cirebon,tasikmalaya,jogjakarta,tangerang,lampung, dll deh, di jakarta aja ada 10 cabang lebih.

Gatot Sumantri said...

Oh ya lupa : di paman GOGGLE di ketik juliana jaya banyak infonya tuh termasuk WEB nya. Ok thanks ya