16 Juni 2011

Puzzle no 1 dari buku teka-teki yang suatu hari iseng-iseng saya beli buat isi waktu:


Sebuah keluarga memiliki 4 orang anak dengan tinggi badan rata-rata 74 inci. Anak pertama dan kedua selisih 2 inci sedang anak ketiga dan keempat selisih 6 inci. Berapa tinggi badan masing-masing anak?

Sebagai pecinta matematika sejati, langsung dong saya keluarkan bentuk persamaan matematika. Misal anak-anak ini adalah si a, b, c, d.

Rata-rata tinggi mereka adalah 74 inci. Jadi total tinggi mereka adalah 74 x 4 = 296 inci.
a = b+2
c = d+6

Persamaan matematika nya jadi
a + b + c + d = 296 >> ganti a dan c dengan persamaan diatas.
b + 2 + b + d + 6 + d = 296
2b + 2 + 2d + 6 = 294
2b + 2d = 288
b + d = 144

Nah saya mandek disini. Karena saya merasa b dan d bisa angka berapa aja selama jumlah keduanya menjadi 144.
Misal 100 dan 44.
Jadi tinggi masing-masing adalah 100(b), 102 (a), 44(d), 50(c) *ini kalo dijadiin cm berapa ya?*

Atau yang ekstrim 143 dan 1.
Jadi tinggi masing-masing adalah 143(b), 145(a), 1(d), 7(c) *walaupun secara visual agak susah dibayangin, tapi secara matematis kan bener*

Jadi, kalau mengikuti gaya bahasa zaman saya sekolah dulu, harusnya pertanyaan ini dianulir (karena tidak ada jawaban tunggal yang benar, multiple answer gitu loh).

Tapi 'kunci jawaban' nya menyatakan jawaban yang benar adalah:
70, 72, 74, 80

Idih....gak terima deh.

Kalau mau angkanya lebih berdekatan, saya juga bisa bikin jadi begini toh:
68, 70, 76, 82

Ada yang bisa bantu saya, di bagian mana saya kelewat?

5 Responses so far.

  1. sama ah binun... kecuali mult5iple choice jadi bisa dipilih mana yang slah.

  2. ekalong says:

    eh saya (kayaknya) tau apa yg salah.
    kan (katanya) kalo soal mengandung n variabel, harus ada n-1 persamaan supaya bisa solved?
    eh bener gak??

    tp kok ada kunci jawabannya ya?
    *harga diri sbg (pengaku) pecinta matematika sejati terlecut

  3. Erma says:

    @Ira. Jadi tes BPK kemaren multiple choice semua? *ditabok*

    @Eka. Hampir semua buku soal emang ada kunci jawabannya. Manusia kan suka mencari jawaban *apasihgue*

  4. Erma says:

    gak demen matematika pasti nih

- Copyright © Feel... Think... Write... - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -