12 September 2011

Lagi-lagi dalam sesi ngobrol dengan seorang teman yang sudah lama gak ketemu, saya dapat bahan postingan.

Teman saya ini seorang perawat yang kini bekerja di sebuah rumah sakit kecil di Jakarta coret. Gaji gue 1,5 juta, akunya. Kata dia ini tergolong kecil, karena perawat di RS Fatmawati bisa terima 1 juta lebih banyak. RS swasta mungkin bisa lebih lagi. Waktu saya tanya apa dia gak pengen ngelamar di RS yang lebih 'besar', dia menjawab, "disana sistemnya kontrak setahun, kalo tahun depannya gak diperpanjang gimana? Mendingan kerjaan di tempat sekarang, uda gak pake kontrak". Errr... biasanya saya gatal pengen menceramahi tapi berhubung teman saya ini sepertinya sedang butuh didengarkan maka ceramahnya saya pindah ke blog aja lah, lebih banyak yang denger/baca *kepedean.com*.

Kalo saya yang dikasih pilihan seperti itu sih saya mending kerja di RS besar. Toh ada 2 skenario yang mungkin terjadi:

a. Kerja saya bagus, kontrak diperpanjang terus, duit makin banyak. Beli rumah, beli mobil, beli BB, dan live happily ever after *he?*

b. Kontrak gak diperpanjang. Kerja 12 bulan berarti ada surplus 12 juta. Ini dengan asumsi bahwa sudah biasa hidup dengan 1,5 juta. Berarti meski gak kerja, biaya hidup masih aman untuk 8 bulan tho? Masak dalam 8 bulan gak bisa dapat kerjaan baru?

Etapi skenario ini gak dipertimbangkan oleh teman saya karena seperti sebagian orang yang saya kenal, mereka lebih percaya bahwa skenario yang terburuk lah yang akan terjadi.

Kalau pilihan pindah kerja dengan gaji lebih besar gak mau diambilnya, masih ada pilihan (peningkatan kesejahteraan) lainnya yang juga tidak diambilnya. Dia bisa meniti karir dan meningkatkan jabatannya. Misal, dari perawat biasa jadi kepala ruangan. Posisi ini, masih menurut cerita teman saya, disertai dengan tunjangan jabatan sehingga take home pay nya bisa dua kali lipat dari sekarang. Tapi oh tapi, teman saya ini bilang "ah kalau gue mah gak mau yang kerjanya berat, mending yang santai kaya sekarang".

Krik...

Krik...

Krik...

Bagus juga sih bertemu dengan orang-orang yang 'berbeda' dengan saya. Mengingatkan saya akan warna-warni sifat manusia *ih sok bijak*. Tapi saya juga penasaran, 10 tahun lagi, seperti apa ya kehidupan teman saya ini?

Published with Blogger-droid v1.7.4

4 Responses so far.

  1. keblug says:

    uiih udah lama ga ke sini. etapi kok postingan yang ini dua kali muncul ya maa?

  2. Erma says:

    Kebluuuggg... Ayo bagi-bagi buku lagiii. Eh kepublish 2 kali ya? Salah blogger tuh pasti. Etapi uda gue apus kok satunya

  3. cerita kenapa jadi pns kapan dipublikasikan Ma? *ngikik*

  4. Erma says:

    wah nantangin ini? Mau dipublikasikan nih motif lo jadi abdi negara? hehehehe

- Copyright © Feel... Think... Write... - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -