12 November 2011

Tadi malam, saya dan suami mengunjungi kakak ipar. Kami membahas rencana kepindahan keluarga mereka ke Tuban, Jawa Timur. Dalam perjalanan pulang, saya dan suami membahas hal ini lebih lanjut.

Suami, pernah dibawa hidup berpindah kota oleh keluarganya. Ini dipicu oleh pekerjaan Bapaknya, sehingga semua kepindahan ini dilakukan dengan formasi keluarga lengkap. Bapak, Ibu, dua orang anak. Tujuh tahun hidupnya dihabiskan sebagai warga Bandung, sambil menuntut ilmu di kampus gajah.

Saya, sejak lahir hingga kini tinggal di Jakarta. Juga dengan keluarga inti lengkap. Bapak, Ibu, dua anak. Setidaknya hingga tahun 1999.

Tapi kami praktis tidak pernah jauh dari keluarga. Di kota. Kami begitu menikmati tinggal di kota metropolitan di usia dewasa, sehingga yang kami bahas pada topik 'apa yang bakal kita lakukan jika kita terdampar di kota kecil seperti Tuban misalnya?' adalah catatan mental untuk membawa laptop beserta modemnya. Plus, memasang jaringan TV kabel. Oh...ketergantungan terhadap informasi.

Yang tidak kami bahas justru kemungkinan homesick. Hal yang menjadi kekhawatiran utama sang kakak ipar. Bisa dimaklumi. Menginap seminggu penuh di Depok saja saya minta ke Bintaro demi 'gangguin anak orang'. Padahal ia bukan keluarga inti saya. Rasanya predikat 'rumah' lebih pas dilekatkan pada orang-orang di sekitarnya, dan bukan pada bangunan fisiknya.

Yang saya penasaran, ketika seseorang sudah membentuk keluarga baru, sudah menikah dan punya anak, apakah predikat 'rumah' nya masih melekat pada penghuni 'lama' nya? Atau berganti pada penghuni 'baru' nya?

Published with Blogger-droid v1.7.4

3 Responses so far.

  1. berganti pada penghuni baru sepertinya. Kalau di gw

  2. Erma says:

    Makanya lu jarang mudik ya?

  3. Dita says:

    Hi Erma...
    Dalam 6 tahun ini saya berpindah tempat tinggal 5 kali. Kampung halaman tetap di Bandung, tapi istilah 'rumah' menjadi 2 koper besar dan bbrp barang yg bisa dikrimkan dengan biaya murah. Katanya home is where the heart is ;)
    Tapi karena belum menikah, belum kebayang 'home'-nya dimana ;)

- Copyright © Feel... Think... Write... - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -