14 Januari 2013

Ah kok gak afdol ya rasanya kalau gak buat rekap 2012 seperti blogger-blogger lainnya.

2012 kemarin saya kembali jadi pekerja bayaran pemerintah merah-kuning-hitam, sejak pertengahan Desember 2011 sih lebih tepatnya. Sekarang skemanya jadi konsultan, jadi gajinya sudah meliputi semua, tidak ada lagi tunjangan kesehatan, tunjangan kacamata, THR, pesangon di akhir kontrak. Untungnya, sudah pernah jadi pegawai beneran, jadi sudah tahu nilai-nilai yang dieliminir itu, jadi tinggal dimasukkan saja ke permintaan gaji yang sekarang. Dua digit. Pencapaian pribadi yang patut disyukuri. Alhamdulillah.

2012 kemarin kami mengontrak rumah. Sebagai warga Bintaro yang bangga, saya pun ngeyel ke suami bahwa ngontraknya harus tetap di Bintaro. Biar gampang kalo mau ke tempat adik saya dan Madame, plus gak gempor juga kalau mau ke rumah mertua. So, BSD, not this time, Bintaro, I'm here. Bayar kontraknya sempet bikin ternganga-nganga karena jadi nilai transfer terbesar yang pernah saya lakukan. Untuk menjaga kewarasan, saya merapal mantra "gak papa, uangnya ada, gak berhutang, berarti memang ada rezekinya buat ini". Ibu pemilik rumahnya bilang "semoga rezekinya lancar ya mbak, siapa tau setelah ngontrak di sini, dua tahun lagi mbak dan mas sudah bisa beli rumah sendiri". Amin... Amin... Amin... Sudah nitip doa ke mertua juga sih, biar bisa beli rumah (yang ada kolam renangnya). Mertua sih dengan baiknya bersedia mendoakan, padahal suami nyeletuk "iya, 1x1 meter aja ya luasnya". Lha ngana kira eike ikan mas apa? Kolam renang manusia dong ah. Ya selama cita-cita dan doa itu gratis, mari kita gantungkan setinggi-tingginya.

2012 kemarin saya banyak kebagian tugas luar kota. Ke Bali 3 kali, ke Gili Trawangan 1 kali, ke Jogja 1 kali, ke Malang 1 kali, dan ke Surabaya 1 kali. Durasi terlama perjalanan luar kota saya adalah 17 hari, di dalamnya ada reservasi tiket dengan kode CGK - DPS - JOG - DPS. I survived. Mendadak saya jadi merasa seperti wanita karier sejati yang bisa bilang, tanggal segini sampai segitu gue di Bali, abis itu di Jakarta seminggu, abis itu ke Jogja, abis itu di Jakarta lagi dua minggu abis itu ke Malang bla bli blu. Makin membulatkan tekad untuk jalan ke Jogja dengan suami suatu hari nanti. Bok, saya ini uda dengan pedenya naik taksi sendiri untuk ke rumah tukang pijat loh di Jogja (bermodalkan sms alamat dari seorang teman di Jogja, dan petunjuk arah dari si ibu tukang pijat), masak jalan-jalan sama suami di sana malah belum pernah.

2012 kemarin saya merasakan (tidak) nikmatnya mudik lebaran naik mobil. Berangkatnya 36 jam aja gitu, melewati sesi sahur - buka - sahur di jalan. Kapok... ga mau lagi... Untungnya perjalanan ini disponsori oleh Om saya sepenuhnya. Jadi frekuensi protes berbanding lurus dengan jumlah uang yang dikeluarkan. Plus, sepanjang jalan lihat mobil-mobil yang lebih penuh penumpangnya, saya jadi malu sendiri protes dari dalam Seniyah atau Piyos yang berisi empat penumpang saja. Dihantui ketakutan 'bakal tua di jalan', saya pun secara serius mempertimbangkan naik kereta atau pesawat saja pulangnya, tapi dengan pertimbangan kanan kiri depan belakang atas bawah, akhirnya memutuskan untuk kembali menumpang mobil si Om pulangnya. Berapa lama di jalan? Tiga puluh jam saja kakak. Masih tepos, masih bikin trauma, dan masih merapal mantra 'gak lagi-lagi'. Maklumin aja dong, biasanya kan kibas-kibas kartu GFF.

2012 kemarin saya kebagian banyak pekerjaan pelatihan. Masih tidak yakin kalau saya beneran bisa mengajar sih. Tapi, kalau orang lain bisa yakin sama saya, kenapa saya tidak bisa yakin pada diri sendiri?

2012 kemarin saya merasakan libur full 2 minggu di akhir tahun, yang dilanjut dua minggu berikutnya di awal tahun. Menyenangkan rasanya. Lebih menyenangkan dari masa 11 bulan jadi pengangguran riang gembira, karena oh karena, pas baru beberapa hari libur, gaji ditransfer. Uhuy... mau latihan merasakan gak-kerja-tapi-tetep-dibayar ? Itulah saatnya.

2013 ini semoga lebih banyak diisi dengan kegiatan-kegiatan bermanfaat. Baik untuk diri sendiri, maupun untuk orang banyak.

- Copyright © Feel... Think... Write... - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -