15 Januari 2013

Saya memulai sesi libur 4 minggu dengan 3 agenda besar: bikin kue kering, menjahit, dan olahraga. Dibuka dengan adegan mengangkut oven tangkring dari rumah mertua, dilanjutkan dengan adegan belanja bahan-bahan dan toples, saya akhirnya menghasilkan empat macam kue kering. Foto di atas hanya menampilkan tiga macam kue keringnya, karena kue yang terakhir dibuat setelah sesi foto dilakukan (baca: belakangan).

Membuat kue kering untuk saya adalah kegiatan yang tidak 'semenantang' memasak. Maklum, dulu di masa remaja (ish... istilahnya) saya rajin nongkrong di dapur sama ibu saya pada beberapa hari menjelang lebaran. Kalau dulu sih saya hanya kebagian mencetak kue dan memasukkannya ke dalam toples. Tapi beberapa tahun lalu saya coba membuatnya sendirian, dan berhasil kok. Gampang pokoknya.

Menurut saya, sang pembuat kue amatir, di era internet sekarang ini, kunci keberhasilan dalam pembuatan kue kering hanya dua *bok, gaya banget udah bisa nulis kunci kesuksesan*.

Satu, resep yang terpercaya.

Dua, bahan yang berkualitas.

Untuk resep, meski dulu ibu saya rajin menulis contekan resepnya di sebuah buku tulis, buku ini tidak berhasil saya temukan. Jadilah saya mengandalkan buku resep yang beli di toko buku, dan browsing kanan kiri. Tapi untuk sesi kue 2012 kemarin, saya hanya menggunakan dua sumber. Buku resep kue kering (yang saya lupa judulnya, dan postingan ini ditulis di kantor sehingga gak bisa ngintip judulnya), dan resep nya mbak Astri Nugraha. Kenapa beliau? Ya karena dia kan terima pesanan, jadi saya berasumsi hasilnya diterima khalayak. Udah sih, itu aja bahan pertimbangannya.

Nanti bertahap dipamerkan dimunculkan cerita-cerita pembuatan kue di atas.

*Quaker Oats di atas hanya sebagai dekorasi.

3 Responses so far.

  1. Mau nyobainnnnnn....

  2. keblug says:

    pantes kemaren disuruh mengisi waktu luang membuat kuwe :D

  3. @Capcai. Ayo ke Bintaro, masih ada 'sisa'

    @Keblug. Ya iyalah... lu kan malah dapurnya baru :D

- Copyright © Feel... Think... Write... - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -