20 Maret 2013

Hari Minggu lalu, saya baca di tweet nya Ika Natassa link ke halaman ini:

99 Tiny Stories that Make You Think, Smile, and Cry

Saya membaca satu demi satu ceritanya. Diseling makan siang, ngobrol sama suami, main sama keponakan, makan sore, dan perjalanan pulang.

Nyaris semua cerita di sana benar membuat saya mikir, senyum, dan (hampir) meneteskan air mata. Hidup, sungguh tidak bisa diduga. Dari 99 cerita di sana, cerita ini yang membuat saya berhenti dan mikir:

Today would have been the 127th day in a row that I visited her at the hospital as she rested in a coma. But last night I had a dream that she died, and I woke up in tears this morning and couldn’t bring myself to drive to the hospital to see her lying there like that. So I stayed in bed, staring at the ceiling, and thinking of how I was going to have to learn to live without her for the rest of my life. And then my phone rang, and it was her. MMT

Dulu, saya pernah mimpi bapak saya meninggal, di mimpi itu saya menangis tersedu-sedu, shock, kaget, semua campur aduk. Ketika kejadian sesungguhnya terjadi, saya tidak lagi shock, kaget. Jangan salah, bukannya tidak sedih, tapi somehow rasa kaget-tak-terduga nya tidak ada. Seakan saya sudah pernah mengalami hal ini sebelumnya. Jangan salah juga, mimpi saya itu bertahun-tahun sebelum bapak saya benar meninggal.

Saya tidak pernah memimpikan ibu saya meninggal. Yang terjadi, adalah saudara saya memberi tahu, bahwa kondisi ibu saya makin parah, dan ada kemungkinan ia tidak akan bisa bertahan. Sedih, patah hati, dan putus asa nya, saat saya mendengar berita itu. Bukan ketika akhirnya ibu saya benar meninggal.

Setiap orang punya rasa yang berbeda menghadapi kematian orang terdekatnya. Tidak ada yang bisa membayangkan bagaimana rasanya. Meski bapak dan ibu saya sudah lebih dulu dipanggil Allah, saya tidak bisa bilang "I feel you" pada seorang teman yang bapaknya baru saja meninggal dunia. Juga tidak bisa bilang "I feel you" pada seorang teman yang ibunya sedang sakit.

Karena setiap rasa berbeda.

- Copyright © Feel... Think... Write... - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -