22 November 2014

Alkisah, ada 4 putih telur duduk manis di freezer sejak lebaran lalu. Idul Fitri, bukan Idul Adha. Si pemilik telur galau ra uwis uwis mau dibuat apa putih telur ini. Lidah kucing tidak doyan, brownies kukus sudah pernah, sponge cake kurang doyan, macaroon ngeri gagal.
Di dunia lain, ada cemilan baru sedang happening sebagai oleh-oleh dari Surabaya. Almond crispy cheese namanya. Entah lokasi jual aslinya di mana di Surabaya, karena meski mengaku kampung halaman di Porong, pemilik blog sekaligus pemilik putih telur ini, sudah lama juga gak mudik. Tapi tapi tapi di Blok M Square ada toko oleh-oleh yang punya stok cemilan ini. Dibeli dong. Biar selalu eksis gitu.
Alamakjan. Isinya dikit. Mahal pula. Niat mencoba semua varian rasa, gagal lah. Green tea, choco bye...
Baca di salah satu blog favorit, www.justtryandtaste.com kok ada resep yang katanya mirip si cemilan itu. Putih telur pun jadi bahan utamanya. Bahan lainnya juga punya. Terigu, gula pasir, maizena, garam sedikit, mentega/margarin, keju, almond. Yang mau link lengkapnya, google almond crispy justtryandtaste deh, maaf posting dari ponsel, rempong masang linknya.
Di suatu malam, saat capcay udang sudah siap di kepala sebagai menu makan malam, dimulailah proses pembuatan almond crispy cookies itu.
Loh kok?
Ya gitu deh.
Gayanya kan multi-tasking, masak nyiapin makan malam ama cemilan gampil gini aja bingung? Bisa lah.
Siapkan bahan kuenya. Diaduk. Didiamkan 30 menit. Pindah siapkan bahan capcay. Tuang adonan kue ke loyang, selang-seling ngecek oven sambil tuang adonan di loyang lain, bikin capcay, masak nasi.
Akhirnya jadi deh.
Kuenya.
Dan capcaynya juga.
Kuenya enak, manisnya cukup meski saya kurangi gulanya, wangi. Tapi gak crispy kayak cemilan terkenal itu. Lebih mirip martabak tipker kalau sudah dingin hihihihi. Tapi enak kok. Asli deh.
Sebagai analis jadi-jadian, suami tanya, bagaimana supaya lain kali bisa sekering cemilan itu.
Pakai api atas, jawab istri sok tau.
Okeh, lain kali pakai api atas.
Beli ovennya dulu, lanjut istri oportunis.
Lah?
Ya otang sekarang kan gak bisa api atas.
Lain kali mau buat yang coklat atau green tea ah.

2 Responses so far.

  1. cantik tampilannya euy.
    Saya sendiri sih biasa aja ama cemilan ini *asli surabaya*, orang-orang pada heboh tapi pas saya cobain sendiri kok.. eh ya gitu deh ya.. Hahahaha..

  2. Maksudnya punyaku apa punya Wisata Rasa yang cantik tampilannya nih? Eh saya juga ngerasa biasa aja sih, mahal pula. Apa biasa aja karena kemahalan? Entahlah

- Copyright © Feel... Think... Write... - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -