05 Agustus 2016

Meski lama (banget) gak bikin posting baru, sebenarnya saya ini masih menyusuri dunia maya loh. Feedly masih dibaca, meski jarang komen. Facebook masih dibuka, meski isinya komen doang. Youtube juga masih nonton, apalagi kalau akhir bulan dan kuota internet masih banyak. Sebagian besar kegiatan tersebut dilakukan pakai tablet.

*kemudian sayup-sayup ada yang ngomong "hare genee masih pakai kuota".

Kenapa bukan hp?

Ya terserah nyonya aja dong.

Laptop kadang dipakai juga sih, meski ya memang gak sebanyak tablet atau hp. Intinya semua (ehm) gadget di rumah masih berfungsi dengan baik, termasuk koneksi internet nya. Hingga suatu siang, nyonya mau nyalain laptop. Masukin password login laptop (bukan login email atau account online ya), kok incorrect mulu. Padahal yakin kalau masih ingat dengan passwordnya. Sampai pake nanya ke suami segala, padahal dia juga uda gak pernah pakai laptop yang ini. Pun jawaban beliau juga sama dengan ingatan saya. Lah ya dia yang bikin password. Nyonya kan numpang laptop suami ajah.

Untungnya, tidak seperti PIN ATM yang kalau tiga kali salah, password ini bisa berulang kali salah gapapa. Dia akan terus aja ngeluarin tulisan "incorrect password". Serupa dengan si nyonya yang bisa ngulang jawaban kayak kaset rusak (kalo pertanyaannya juga sama, kayak kaset rusak).

Setelah beberapa kali tarikan nafas, nyonya baru ngeh kalau keyboard si laptop ini suka mark up. Huruf M nya dipencet sekali, akan muncul banyaaaaaaaak sekali. Jelas tertolak dong passwordnya, lah password nya mengandung huruf M. Nyonya gak mau dikadalin laptop dong, dengan tipu daya, saya berhasil memunculkan satu saja M, sesuai kebutuhan password.

Eh kemudian, H nya gak muncul. Yak betul, passwordnya mengandung huruf H. Ampun dijeeee.... minta dicubit banget deh ini keyboard. Padahal sebelumnya gak ada masalah loh. Untuk huruf H ini, nyonya gak berhasil menemukan ide.

Setelah ngadu ke sang pemilik, pemilik laptop maksudnya, nasihatnya cuma "diistirahatin aja, mungkin dia lelah". Eaaaaa

Untungnya ada laptop satunya.

Maklum, istri prohemer, laptop dua biji di rumah.

*menanti komen dari Capcaibakar

Dengan bantuan youtube, nyonya pun permisi dengan sang pemilik untuk buka keyboard. Bongkar laptop. Ambisius sekali, secara gak pernah bongkar laptop sebelumnya. Ya buat apa, punya suami prohemer getho loh... Secara ajaib, suami kasih izin.

Setelah nontonin youtube dan banyak-banyak doa, akhirnya berani juga ambil obeng dan buka laptop. Berhasil buka keyboard dan mendapati gak ada debu sedikitpun di bawah keyboard. Lah katanya masalahnya kotoran di bawah keyboard. Zzzzz...

Lalu baru nyadar, jangan-jangan cuma dua key itu yang bermasalah (si huruf M dan H). Ganti lah cari video bagaimana mencongkel key di keyboard. Lagi, setelah nontonin youtube, bacain komen, dan banyak doa, akhirnya berani juga mencongkel kedua key itu. Coba dipencet secara normal, dia memunculkan huruf secara normal juga. Ya ampun, kamu tuh maunya apa sih key...

Dengan posisi key dicongkel, berhasil juga login laptop. Cari-cari opsi hapus password, baru setelahnya dipasang kembali si key. Alhamdulilah. Berhasil login, berhasil browsing. Lapor dengan bangga ke pemilik laptop.

Setelah sekitar 1 jam dipakai, tau-tau layarnya mati sendiri. Zzz... Apaan lagi inih? Restart gak mau, tak tampak apa-apa. Akhirnya nyonya menyerah kalah dan menanti suami pulang saja untuk lihat dan beresin (kalau mau, mudah-mudahan sih mau).

One Response so far.

  1. dinsul says:

    Salaam erma...
    Ini dinna. Udah lama euy, ga berkabar ria... teringat dengan blog erma, gegara balik blogging lagi.
    Btw, mau minta nomor erma, kumaha euy carana?

- Copyright © Feel... Think... Write... - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -